Mengenal Negara Finlandia


Profil Negara
Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. Finlandia merupakan bagian dari kawasan geografi Fennoscandia, yang di dalamnya juga termasuk Skandinavia dan sebagian Rusia.

Ibukota
Helsinki ( luas 184,5 km persegi)
             ( penduduk lebih dari 1,4 juta jiwa)

Presiden          : Sauli Niinistö
Pemerintah       : Republik parlementer, Federacy






Bendera
(Siniristilippu - Bendera Salib Biru) diadopsi pada tahun 1918. Bendera ini palang Skandinavia biru dengan latar belakang putih. Warna biru melambangkan langit dan warna putih melambangkan salju dan malam putih pada musim panas di Finlandia.














Lagu Kebangsaan
Maame      
Oi maamme, Suomi, synnyinmaa,
soi, sana kultainen!
Ei laaksoa, ei kukkulaa,
ei vettä, rantaa rakkaampaa
kuin kotimaa tää pohjoinen,
maa kallis isien.
Sun kukoistukses kuorestaan
kerrankin puhkeaa;
viel' lempemme saa nousemaan
sun toivos, riemus loistossaan,
ja kerran laulus, synnyinmaa
korkeemman kaiun saa.




Bahasa
Bahasa resminya bahasa Suomi dan bahasa Swedia.
Bahasa yang umum digunakan adalah bahasa Finlandia (92% dari populasinya) serta bahasa Swedia (6% dari populasinya). Penggunaan bahasa asing saat ini adalah bahasa Inggris (63%), bahasa Swedia (41%), bahasa Jerman (18%) dan Perancis (3%)


Agama
Kristen                  (4.373.760)   (81,6%)
Muslim                  (     42.880)    (0,8%)
Tak beragama      (   943.360)    (17,6%)

Suku Bangsa

Bangsa Finlandia (Finlandiasuomalaiset) merupakan bangsa asli Finlandia yang secara genetik dan budaya dengan suku Nordik. Bangsa ini terutama menghuni di Finlandia. Penduduk kecil Bangsa Finlandia umumnya di SwediaNorwegiaAmerika SerikatBritania RayaRusiaSpanyolJermanAustralia dan negara lainnya. Mereka menuturkan bahasa Finlandia.
Jumlah penduduk bangsa ini ialah lebih dari 7 juta jiwa umumnya menghuni Finlandia.










Mata Uang
Mata uang negara Finlandia adalah Euro



     
EURIDR
coinmill.com
0.507300
1.0014,625
2.0029,225
5.0073,075
10.00146,125
20.00292,275
50.00730,675
100.001,461,350
200.002,922,725
500.007,306,800
1000.0014,613,600

Hari Nasional
Kemerdekaan
 - Kadipaten Agung Finlandia
otonomi dalamKekaisaran Rusia
29 Maret 1809 
 - Deklarasi Kemerdekaan
dari RSFS Rusia
6 Desember 1917 
 - Diakui4 Januari 1918 
Hari Libur umum

Pesta Ibu-ibu*Hari Minggu 14 Mei, 2017Kartu pos/Bunga 
Kenaikan Yesus Kristus*Hari Khamis 25 Mei, 2017Katolik atau Protestan 
Liburan Musim Panas (permulaan)Hari Jumaat 2 Juni, 2017Hari libur sekolah, sebagai tambahan hari libur resmi bank (dapat bervariasi sesuai areanya) 
PantekostaHari Minggu 4 Juni, 2017Budaya 
Hari Senen PantekostaHari Senen 5 Juni, 2017Budaya 
Juhannus Aatto (Bank)*Hari Jumaat 23 Juni, 2017bank ditutup 
Juhannuspäivä*Hari Sabtu 24 Juni, 2017Liburan Sekuler 
Waktu
GMT +3 jam, WIB –4 jam

PDB
PDB (KKB)Perkiraan 2015
 - Total$224.846 miliar[2] (60)
 - Per kapita$40.838[2] (25)
PDB (nominal)Perkiraan 2015
 - Total$235.276 miliar [2] (40)
 - Per kapita$42.732[2] (16)

GEOGRAFI
Terletak antara 60° hingga 70° lintang utara, dan 20° hingga 32° bujur timur, Finlandia adalah salah satu negara paling utara di bumi. Di antara ibukota dunia lainnya, hanya Reykjavík yang lebih utara dari Helsinki. Jarak dari titik paling selatan—Hanko—ke titik paling utara—Nuorgam—adalah 1.160 kilometer (720 mi).
Finlandia adalah negara dengan ribuan danau dan pulau; 187.888 danau dan 179.584 pulau.[36]Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan sedikit tanah subur.
Sebagian besar pulau-pulau ada di barat daya, bagian dari kepulauan Åland, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetap bertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.
Iklim di Finlandia Selatan adalah iklim menengah utara. Di Utara Finlandia, terutama di Laplandia, Finlandia, sebuah iklim subarktik mendominasi, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat.
Seperempat dari wilayah Finlandia terletak di dalam Lingkaran Arktik, dan konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.

Sumber Daya Alam
Hutan Finlandia adalah sumber daya alam yang paling penting. Hutan sangat vital bagi perekonomian negara, menyediakan kayu, tar, bahan bakar, dan bubur kertas. Tidak ada batubara atau minyak yang tersedia, tapi rawa gambut yang luas menyediakan sumber energi alam. Tanah umumnya tipis dan tidak subur. Sumber daya mineral meliputi tembaga, seng, bijih besi, dan perak. Batuan dasar Finlandia memberikan granit merah yang indah untuk bahan bangunan batu.
Penduduk

Pada Tahun 2015 penduduk Finlandia adalah sebanyak 5,5 juta 

Transportasi

                                                               
OnniBus


Metro Helsinki
Teknologi Kereta Api VR – Finland merupakan inovasi perkereta apian yang mengadopsi konsep VR commuter. Dengan kecepatan hingga 200 km/jam

Bus Otonom ( Easymile EZ-10)
Bus otonom bisa berjalan sendiri tanpa perlu ada sopir

Makanan
Salmon Soup

 Pulla  (Roti manis ) (Dessert) 
 Salmiakki (Permen) (Sweets)
 Kaalikääryleet (Kubis Gulung) (Khas)



14 Fakta Menarik Finlandia
1. Finlandia adalah negara penghasil telepon genggam Nokia dan Angry Birds.

2.    Terdapat 187.888 danau dan 179.584 pulau di Finlandia

3.    Finlandia didominasi oleh hutan pinus yang mencakup sekitar 68% dari luas daratan.

4.    Finlandia merupakan negara industri yang menerapkan sistem ekonomi pasar-bebas.

5.   Finlandia memiliki prestasi akademik tertinggi dari seluruh negara yang disurvei UNICEF pada 2007, mencakup membaca, matematika dan ilmu pengetahuan.

6.   Tidak ada telepon umum di Finlandia. Sebab terdapat lebih dari 5 juta ponsel di negara ini.

7.   Finlandia menduduki peringkat teratas di dunia dalam hal pendidikan.

8.   Di Finlandia, memiliki sauna di rumah adalah hal umum. Ada 2,2 juta sauna di negara ini, berarti 1 sauna untuk setiap 2,5 orang. 

9.   Koin satu dan dua sen tidak digunakan di Finlandia. Sebab ada aturan pembulatan lima sen untuk pembayaran tunai.

10.   Anak-anak Finlandia tidak pergi ke sekolah sampai berumur tujuh tahun

http://www.hipwee.com/feature/sekolah-cuma-5-jam-tanpa-pr-ujian-nasional-kenapa-orang-finlandia-bisa-pintar/

12.   . Finlandia - Negara ini masih peringkat atas karena tidak ada orang tua ekspatriat menyatakan negatif terkait kesehatan anak-anak mereka, keselamatan anak-anak, atau kesejahteraan anak-anak di Finlandia. 70 persen dari ekspatriat mengatakan, kualitas pendidikan di sana sangat baik, dan bila dibandingkan dengan rata-rata global hanya 21 persen. (viva.co.id)

13.  Negara Finlandia peringkat ketiga dari 10 negara paling sehat untuk ekspatriat (republika.co.id)

14.   Pengangguran di Finlandia diberi gaji 7,8 juta perbulan


Olahraga unik di Finlandia

EUKONKANTO (WIFE CARRYING COMPETITION)

Ini salah satu olah raga gila yang paling penting dan paling terkenal. Kejuaraannya diadakan setiap musim panas di Sonkajärvi. Di cabang olah raga ini laki-laki harus berlari melewati beberapa rintangan sambil menggendong wanita (istri). Konon olah raga ini terinspirasi dari sebuah legenda di bagian timur negara Finlandia, dimana jaman dahulu kala, penjahat laki-laki suka datang ke desa kecil menculik perempuan untuk dijadikan istri. Biasanya penjahat tersebut membawa perempuan culikan mereka dengan cara menggendong/menunggingkannya di pundak.
ccf55b40-781f-49e8-9041-c567b73dce59
Untuk lombanya sendiri yang ikut tidak harus suami-istri tapi harus sepasang pria dan wanita. Kita dapat menjadi peserta dalam kompetisi Eukonkanto dengan cara mendaftarkan diri di website resminya dan jika menang, hadiahnya adalah berliter-liter bir sebanyak berat “istri” yang diangkut.

ILMAKITARA (AIR GUITAR COMPETITION)

Ini juga gak kalah gila, ya. Lomba pura-pura memainkan gitar. Maksud ‘ngana’?
Mengintip sedikit di Wikipedia: Air guitar is a form of dance and movement in which the performer pretends to play rock or heavy metal-style electric guitar, including riffs, solos, etc. Playing an air guitar usually consists of exaggerated strumming and picking motions and is often coupled with loud singing or lip-synching.
Masih menurut wikipedia, ada beberapa kriteria penilaian dalam kompetisi pura-pura main gitar ini:
• Technical merit— biarpun cuma pura-pura tapi main gitarnya harus meyakinkan, harus terlihat real, dinilai dari bagaimana teknik bermainnya, termasuk posisi jari-jari saat memegang kord.
• Mimesmanship— mimik dan ekspresi yang harus meyakinkan, bahwa mereka memang sedang sungguh-sungguh main gitar, bukan cuma pura-pura.
• Stage presence—kharisma di atas panggung. Be a rock star and rock the audience. Salam tiga jari, pemirsa!
• Airness—nilai artistik dari performance yang ditampilkan.
130813170912-air-guitar-world-championships-oulu-finland-horizontal-large-gallerynanami
Dan saya cuma bisa geleng-geleng kepala, apaan sih ini? Tapi Air Guitar Champioship justru yang sudah mendunia, kejuaraannya sudah diadakan dimana-mana dan ada computer game-nya juga.

SUOJALKAPALLO (SWAMP SOCCER)

Alias main bola di dalam lumpur. Awalnya kegiatan ini dijadikan sebagai ajang latihan untuk militer atau atlet profesional dalam rangka meningkatkan kondisi fisik mereka. Secara permainan bola biasa saja sudah jelas menuntut ketahanan fisik, apalagi jika bermainnya di dalam lumpur. Seiring waktu, permainan ini mulai populer di kalangan masyarakat umum dan sekarang malah ada kejuaraannya.
suofutis2760762
Permainan ini tidak benar-benar dilakukan di rawa berlumpur melainkan di lapangan yang direndam lumpur. Waktu tandingnya juga lebih singkat dari permainan bola biasa, “cuma” 2×13 menit saja. Swamp soccer dibuka untuk grup lelaki dan perempuan dan kejuaraannya sudah diadakan di negara-negara lain seperti Swedia dan Brazil.

MUURAHAISPESÄSSÄ ISTUMINEN (ANT-NEST SITTING COMPETITION)

Ini pasti kejuaraan paling edan. Lomba duduk di sarang semut! Dengan bokong telanjang!
Katanya, sih, perlombaan duduk di sarang semut ini diadakan di banyak daerah di Finlandia sepanjang musim panas. Rekor dunia saat ini dipegang oleh Lyde Lyytikainen dengan waktu 2 jam 10 menit.
Dari yang saya baca-baca di internet, tips paling penting dalam mengikuti kegiatan ini adalah untuk membuat bokong kita kebas dan mati rasa sebelum berlomba. Bisa dengan cara mencubit-cubit bokong dulu seharian, atau ditampar-tampar hingga mati rasa, atau bisa juga dengan cara merendam bokong di air es selama beberapa jam sebelum perlombaan dimulai.

SAAPPAANHEITTO (BOOTS THROWING COMPETITION)

Ini lomba jauh-jauhan melempar sepatu bot karet. Laki-laki akan diberikan sepatu bot no.43 untuk dilempar sementara perempuan no. 38. Gaya melemparnya dibebaskan kepada peserta yang penting harus coba untuk melempar sejauh mungkin. Kejuaraan dunia melempar sepatu ini sudah diadakan di beberapa negara di luar Finlandia, diantaranya di Italia, Jerman, Estonia, Swedia dan Polandia.
saappaanheitto
Asal muasal permainan ini masih menjadi tanda tanya. Diduga pada jaman dahulu kala ada seorang pria yang sedang bersantai di teras mökki-nya sambil minum bir, tiba-tiba dia melihat ada sepatu bot tergolek di halaman dan terus… dilempar deh (kriik… kriik). Ada yang bilang, semua cabang olah raga aneh di sini Finlandia tercipta akibat kebanyakan minum bir setelah bersauna.
Lomba lempar melempar ini agaknya cukup diminati di Finlandia. Selain melempar sepatu bot masih banyak lainnya yang bisa dilempar. Ada lomba melempar telepon genggam, melempar kursi atau melempar rumput.

Ekspatriat di Finlandia
1.   Rata-rata pekerja di kota ini bekerja 1.659 jam per tahun, dan cuti 29 hari per tahun dengan gaji. (kalau di Indonesia kurang lebih 2.112 jam pertahun dengan cuti 12 hari pertahun)
2.    Gaji minimun di Finlandia sebesar 800 euro (11,9 juta perbulan) tetapi gaji rata-ratanya setelah di potong tax sekitar 2300 euro
3.     Perkiraan biaya hidup di Finlandia sekitar 550 - 880 euro (1orang )tergantung gaya hidup seseorang
       Barang                                           Harga (€)         (Rp)                 Harga (Rp)
      Susu   (1L)                                       1.03           (14.982)                  5000
      Beras  (1kg)                                     2.08          (30.255)                  12.000
      Telur    (1 lusin)                                 2.40          (34.910)                   20.000
      Buah jeruk  (1kg)                             2.18          (31.710)                   24.633
      Tomat   (1kg)                                    2.93          (42.619)                  10.197
      
Rekomendasi pribadi
Menurut saya Finlandia termasuk salah satu negara maju yang bagus untuk menjadi tempat tinggal kita. Mengingat negara ini sudah terbukti memiliki kesejahteraan penduduk tinggi, pendidikan terbaik, negara teraman ,dan tata kota yang rapi. Fasilitas dan sarana transportasi yang sudah termasuk canggih dan memadai. Guru di Finlandia sangat di hargai  karena guru memiliki peranan sangat penting , gajinya pun berkisar 40 juta perbulan.
Dan untuk ekspatriat 75 persen dari ekspatriat mengatakan, kualitas pelayanan, kesehatan, pendidikan,keamanan dan penghasilan yang tinggi tinggal di salah satu negara di Eropa Utara ini.








Respon Calon Ekspatriat

Pertanyaannya  :
Misalkan saya jadi HRD anda , dan anda mendapatkan kesempatan untuk di pindah tugaskan ke negara Finlandia 
Dengan kondisi kerja :
1.  Rata-rata gaji yang besar kisaran 2000 euro - 2300 euro (1 euro = Rp 14.625)
2.  Finlandia merupakan negara dengan kesejahteraan penduduk tinggi, masuk dalam 10 negara teraman di dunia, masuk juga dalam 10 negara paling sehat untuk ekspatriat, negara dengan pendidikan terbaik didunia, tata kota yang rapi
3.   Pekerja di Finlandia hanya bekerja kurang lebih 6 jam dalam sehari (5 hari dalam seminggu) dan cuti 29 hari pertahun dengan gaji
4.   Suhu relatif dingin dengan suhu terdingin -20 sampai -35 derajat selama 4 bulan dalam setahun  dan suhu terpanasnya  mencapai 32 derajat celcius
5.    Cost of living cukup tinggi
6.   Tax tinggi 


Dengan kondisi seperti itu apa anda bersedia di pindah tugaskan di finlandia?





  1.  Rina  ( Sales di DHL Express)

    
  Jawaban : Responden pertama bersedia di pindah tugaskan di Finlandia karena ini merupakan penawaran baik dan tidak datang 2x serta akan mendapat pengalaman baru dan suasana baru


























2.  Alfian ( Audit di EY Junior)



 Jawaban :Responden kedua besedia di pindah tugaskan di Finlandia karena gaji tinggi , mendapat pengalaman baru, jam kerja hanya 6 jam sehari dan kesehatan terjamin.
         




















                                                                                                 





3.  Dodit (Staff operasional di PT.   Gunta Samba)


    Jawaban : Responden ketiga bersedia di pindah tugaskan di Finlandia jika keluarga dapat diajak kesana dan di tanggung oleh perusahaan. alasannya karena pendidikan di tanggung oleh pemerintah dan lingkingan hidup lebih  baik dibanding Jakarta.

Komentar

Posting Komentar